26
Feb
10

Mengatasi modem yang sering disconnect

Modem yang suka disco (disconnect) emang bikin emosi pas lagi enak-enaknya browsing. Tiba-tiba matek, dan bikin orang menyebut semua isi kebun binatang saat itu juga :D (adik-adik dirumah jangan ditiru ya!). Udah koneksi lelet sering disco pula.

A : Terus gimana, ada solusinya nggak?
B : Nggak.
A : Terus postingan ini apa isinya?
B : Yang sabar ya kang…

Eits, tunggu dulu jangan ganti channel :D saya cuma mau membagi trik buat siapa aja yang punya modem sering disco. Sebelumnya saya mau menjelaskan kenapa modem sering disco. Menurut saya gagalnya koneksi modem disebabkan bebagai hal seperti :

  • Keadaan signal yang kurang stabil, naik turun istilah beken nya. Penyebabnya bisa dari faktor lokasi yang berada jauh dari BTS dan faktor mobilitas (modem dalam keadaan bergerak)
  • Salah konfigurasi APN, Dial number, username dan password yang salah. Tapi biasanya ini jarang terjadi
  • Padatnya traffic juga bisa mempengaruhi modem untuk sering disco, terutama pada peak time.

Triknya sebagai berikut.

  • Pada windows system tray klik Network and sharing center seperti gambar dibawah

  • Klik kanan profile connection, pilih properties

  • Buka tab option, ubah setting redial attemps menjadi 99, kemudian timenya set 10 detik aja, biar nggak terlalu lama dan tidak terlalu cepat, dan jangan lupa checked redial if dropped. Dan terakhir klik Ok

Trik ini sebenarnya hanya membuat modem terus redial sampai berkali2, tapi lumayanlah kita nggak usah klik redial terus, cukup dia saja.

Semoga berguna.

86 Responses to “Mengatasi modem yang sering disconnect”


  1. 1 A.J.I
    Februari 26, 2010 pukul 12:40 pm

    kasus disconnect terus bisa terjadi karena setting registry windows ada yang berubah dari defaultnya bisa juga karena virus komputer bahkan tidak bisa connect sama sekali, cek di komputer lain kalau bisa connect dan tidak disconnet lagi kemungkinan ada setting yang kurang pas atau virus komputer

    TauFaN :
    Terima kasih bro tambahannya

  2. Februari 28, 2010 pukul 12:47 am

    mantap banget tipnya… ngomong2 kadang pc suite saya tampilannya not connected, padahal internetnya dah konek, jadi bingung… thanks

  3. Maret 23, 2010 pukul 2:23 pm

    makasih tipsnya .. ku pernah ngalamin pas nyoba operator yang lain, sekitar 10 menit online tiba2 diskonek .. gitu terus. akhirnya balik lagi ke operator awal. salam kenal ^^

  4. Maret 30, 2010 pukul 10:17 pm

    semenjak modem sering dc, jadi males internetan, gara2 harus pencet connect terus.. cape jadinya. untung ada tipsnya.. thx infonya…

  5. 5 yan mahardika
    Juni 23, 2010 pukul 6:10 pm

    matur thanks u yo bos
    wes dulu ate tak pratekno

  6. 6 evan
    Juli 3, 2010 pukul 12:30 pm

    lho ada yg tau gag tentang…..
    pengaturannya di regedit…pa gpedit.msc

  7. Juli 5, 2010 pukul 9:47 pm

    bagus mas . .semoga bermanfaat . .

  8. Agustus 8, 2010 pukul 11:20 am

    oww,, caranya kreatif ya,,
    langsung coba nih,,

  9. 9 171s
    September 20, 2010 pukul 10:06 am

    udh ane coba bang,,tapi masih suka DC..n settingan balik lagi ke awal..di tunggu pencerahannya..
    makasih y..

  10. November 8, 2010 pukul 1:13 pm

    Alhamdulillah, matur suwun informasi dan ilmunya Pak

  11. Desember 2, 2010 pukul 8:28 pm

    Thanks infonya, sangat bermanfaat :D

  12. 14 vio
    Maret 13, 2011 pukul 4:28 pm

    wah.. klo solusinya cuma gitu ga menyelesaikan masalah bro.. coz kadang dunlutan gamau resum klo dc

  13. 15 the sandi 2012
    Maret 30, 2011 pukul 6:01 pm

    ni pengalaman ter aneh gwe, q dah coba dan selain tdk disconnect tapi speed internet mlh bertambah pesat, yang awalnya 22kbps dah gak bisa tambah lagi, sekarang malah jadi 95 sampai 180kbps. padahal ni q pake kartu 3 dan ni dah over quota. thanks banget ya bro !!!

    TauFaN :
    Selamat situ beruntung banget, saya pakek 3 lemotnya nggak nahan..

  14. Juni 2, 2011 pukul 12:00 am

    makasih mas atas saran nya……smga mnjadi ibadah////

  15. Juni 17, 2011 pukul 7:58 pm

    makasiih tipsnya baaaangg :D

  16. 18 dedi
    Juli 9, 2011 pukul 6:51 pm

    kalau masih dc terus itu knp gan??
    mohon solusinya

  17. Juli 30, 2011 pukul 4:40 pm

    aku pke venus cdma+flexi, skg ini sering bgt dc keluar tulisan “modem is moved”, pdahal modemnya msh nancap. Terpaksa hrs pindah port usb br bisa ke detek lg. Kira-2 knp ya bos? thx…

  18. 20 SmartBrok
    Agustus 5, 2011 pukul 5:01 am

    Bos klo modem smartfren 199ribu itu gmn y mengatasinya…. jujur sebelumnya saya berminat yang beli smart tp karen ada smartfren, modem teman saya jadi rada aneh pulsa isa lsg ilang sekejap, registrasi paketpun gagal. saya liat forum di kaskus mapun blogs banyak yg mengeluhkan hal itu. Bodohnya lg saya malah beli modem smarfren ternyata koneksinya sangat parah. Udah lelet, modem mudah panas suka disconnect pula. klo da disconnect harus cabut usb modem dan pasang lg baru aplikasinya bisa dibuka. Padahal saya berancana beli modem huawei xl terbaru yang syaratnya berlangganan 3 bulan. memang lebih mahal 100ribu tp klo kualitasnya lebih bagus ya saya akan pilih xl. cm saat maw beli itu saya bingung karena saya punya kartu xl dan lemotnya minta ampoen di pake buat BB Ulimited. Makanya kapok” saya pake 3 buat BB saya dan hasilnya pun cukup memuaskan. sedangkan xl saya karena sudah kadung buat M-banking(lagian 3 blum bisa buat m-banking) akhirnya saya beli hape baru buat kartu xl saya. Mohon pencerahannya!!! Apa saya komplain ke Smartfren store ato saya buang aja ni modem ke lautttt…… >>maksud hati saya jual lagi dengan harga miring… wkwkwk>>> =)

  19. Agustus 5, 2011 pukul 6:05 am

    @smartbrok
    Modem smartfren kalo gak salah paket awalnya yg 153 Kbps ya.
    Bisa lemot gitu mungkin karena beberapa hal. Seperti signal yg kurang bagus, dan koneksi pafa jam sibuk juga mempengaruhi kecepatan.
    Kalo masalah modem yg gagal ter registtasi pake bisa saja format pendaftaran paket berubah. Solusinya coba hubungi call center operator ybs.

  20. 22 reza
    Agustus 9, 2011 pukul 11:16 pm

    wah klo aku sih sinyal nya 4 bar trus ……….

  21. September 22, 2011 pukul 10:49 am

    permisi suhu…numpang pencerahan

    saya baru nyoba modem ivio 3g fleksi, sinyal full bar…tapi 3hari terakhir jika mau connect muncul prompt ” no device or device not reay,please retry later”” padahal udah saya reinstal n instal ulang beberapa x masih tetep gak bisa…mohon pencerahan ( via email : bret.pit81@yahoo.com) ..tengkyu

  22. 24 cokie
    September 28, 2011 pukul 2:09 pm

    w pake smart bagus koq…….

  23. September 29, 2011 pukul 11:39 pm

    ane pake smart. dan tadi baru pertama kali ngalamin. ngereload halaman blogger.com tiba-tiba disconnected, redial. tapi buka yang laen bisa. Alhamdulillah erornya nggak berkepanjangan. dan ane juga udah terapin cara diatas buat jaga-jaga. thnx gan. :D

  24. 26 Kucing Ciligh
    Oktober 6, 2011 pukul 6:20 am

    Ur posting is very useful…
    Thanx bro…
    I will try it n test it…
    Hehe…

  25. Oktober 9, 2011 pukul 11:47 am

    sblom gw baca Tutor ny gw mw ktawa dlu ma ma paragraph pertama postingan….Hahaha lucu bgt tu postingan pembukanya……

  26. Oktober 9, 2011 pukul 11:51 am

    keren…keren…tggal liat praktek d lapangan tar bgus gk nya wkwkwk TQ bnyak tutorny Gan…

  27. Oktober 9, 2011 pukul 8:27 pm

    Makasih Ers Jevy Cmh semoga berguna

  28. Oktober 17, 2011 pukul 4:02 pm

    Mas Bro,suwun tipsnya….kayaknya modemku dah gak disconect lagi nih.

  29. 31 sihol
    Oktober 31, 2011 pukul 12:13 pm

    gan signal pnuh tp lemotny mint ampun modem smartfren apa solusiny…thanks..

  30. 32 lintaaang
    November 6, 2011 pukul 6:39 pm

    kalo modem selain smartfren yg ga lelet apa ya ?? kalo telkomsel simpati lelet ga ??

  31. November 7, 2011 pukul 3:26 pm

    menurut saya , yang pada ngehina opsel, itu gk benar sama sekali. Coba check kesalahan pribadi dulu..jgn asal jeplak gitu..semua sdh diatur dari ALLOH, ini semua ciptaanNYA kl ada yg kurang cocox. jgn di hina. ingat kita semua kembali & bertanggungjawab atas segala perbuatan kita, termasuk bertanggung jawab atas penghinaan yang terjadi…semoga membantu tidak DC

  32. 34 anda
    November 19, 2011 pukul 9:57 am

    bagaimana dengan sim busy?????? tx sblumny bro….

  33. Desember 9, 2011 pukul 3:38 pm

    mungkin ini kurang pas dg tema.tp smg ttp berguna bwt bro & sis sekalian.utk kinerja lebih cepat modem smartfren yg zte 199 rb,coba ubah seting modem jadi evdo.pengalaman pribadi utk browsing mmg lbh cpt dibanding kalau setingnya hybrid.kelemahan evdo ya utk data only.klo pengen bs bwt nelpon n sms seting diubah dl di hybrid.

  34. Desember 9, 2011 pukul 5:46 pm

    barusan udah coba nih, tapi kadang cepet kadang lemot juga ya ? apa sekarang udah nggak berlaku lagi pake cara ini ya ?

  35. Desember 13, 2011 pukul 9:25 pm

    aku punya modem smartfren zte, udah ku terapkan cara yg di atas,,
    tpi tetep disconect2 aj bro,,,
    tlong lah solusi yg laen…
    sbelum nya mkasih atas saran di atas..

  36. Desember 21, 2011 pukul 5:53 am

    kalau saya lebih setuju dengan komentarnya A.J.I karena saya coba di laptop lain bisa lancar jaya.. terimakasih kasusnya seidikit ada titik awal untuk diinvestigasi lebih lanjut.. :)

  37. 39 gins
    Desember 22, 2011 pukul 5:50 pm

    haturnuhun pisan kang manfaatna karaos ku simkuring….

  38. 40 candra
    Desember 25, 2011 pukul 5:37 am

    kalo redial sblum koneksi gmn??mksdny,sy bru aja mw koneksikan,tp modemny gmw jalan,untuk pengaturan dari operator sdh okee,sdh di seting,tp ttp ga bs,.
    itu memang modem baru,sy bru pertama x mw pake,.
    Pa gr2 instalasiny??sy udh uninstal bbrpa x,tp hslny ttp gt,.
    Cra ngatasiny gmn min??

  39. 41 N-dRy
    Januari 6, 2012 pukul 2:30 pm

    Thxxxxxxxx sobbbbb sngt rgna bwt saya!

  40. 42 Abed Saragih
    Januari 15, 2012 pukul 10:34 pm

    Wahh,,,Terima kasih untuk informasinya :)

    Keep Blogging :)

    http://www.disave.blogspot.com

    Salam Persahabatan.

  41. 43 Aria
    Januari 26, 2012 pukul 9:55 am

    bang saya mau nanya,,, saya pake modem prolinkphs300, os pake windows 7,, permasalahannya kalo udah conncet suka tiba-tiba langsung ga bisa conncet,, kasih tau dong bang.
    terima kasiiiihh

  42. Januari 28, 2012 pukul 1:03 pm

    wahhh, pake auto reconnect neh, tp kalo masalah ada pd ISP yg kita pake ada gambaran gak??

  43. Maret 26, 2012 pukul 11:49 am

    modem ku sering mati nih apa nya yah tolong coment yah

  44. Maret 28, 2012 pukul 1:53 pm

    Mampir ah.
    nais Inpoh..
    salam kenal..:)

  45. 47 desta
    April 25, 2012 pukul 10:54 pm

    Bos ƍώ mau tnya ni..‎​ЌäĽ☺ modem ga k’baca D̶̲̥̅̊ii computer knapa ya?tlong kasih solusinya,mksh

  46. Mei 1, 2012 pukul 9:45 pm

    Kira-kira, USB-nya sendiri bermasalah tidak? modem saya hanya disco jika digunakan pada komputer. Kl pada laptop aman-aman saja. ganti komputer tetap saja sering disco. sementara ganti laptop tetap saja tidak masalah.

  47. Mei 4, 2012 pukul 8:01 pm

    Ass. thanks brow. bagus eum jawabannya sangat teoritis and praktisi. krn sy beli modem beeline wow cepat bgt eum. ntar dicoba oke teman.

  48. 50 Asmani
    Mei 17, 2012 pukul 11:02 pm

    thanks banget

  49. Juli 3, 2012 pukul 9:49 pm

    ane pake modem axess tell dari smart,penyakitnya ya itu,sering disconnect mendadak,apa mungkin baterinya sudah drop ya??

  50. 53 LPIbg_awp
    Juli 5, 2012 pukul 6:49 pm

    kalau di ane mas,, koneksi bagus semenjak gua tambahi kabel usb 10meter dari EDGE ==>WCDMA sinyal selalu full koneksi pun wuusss cepet,, masalahnya sering dikotex sendiri,, trik dari sampean dah ane tancepin mas,, mulai dari download software biar bisa konex otomatis,, tapi kalau buat main game online tetap EXIT GAME. kalau ada pencerahan tolong dilemparin ke kotak ane mas..
    TRIMS SEBELUMNYA…………………….

  51. Juli 7, 2012 pukul 9:00 am

    Om,cara Setting d atas bs d bikin permanen ga???,Trima kasih bgt infox Om..

  52. Agustus 12, 2012 pukul 5:03 pm

    wah kok settingannya balik ulang ke awal?
    tulisannya since connection currently active,some settings will not take effect until the next time you dial it

  53. September 18, 2012 pukul 11:45 am

    @Bryan
    konfigurasinya dalam keadaan network harus dalam keadaan mati

  54. 58 FAUZAN
    September 25, 2012 pukul 7:45 am

    eh cara ngembaliin registry yg udh di oprek gimana gan jadi seperti semula ?

  55. Oktober 2, 2012 pukul 6:49 pm

    sy baru saja membeli esia max-d setiap di konekin cuma bertahan 5 menit habis itu langsung disco.. cape deh..

  56. 61 PARCOK
    November 8, 2012 pukul 9:20 pm

    Bantun gw donk pls parah nih .. jadi gini

    gw kemaren beli smartfren yang terbaru yang rev b pula harga 400k doank si

    tapi setelah sampai rumah ga bisa connect2

    gw udah kasih itu kartu pulsa 150rb udah gw obrak abrik

    hampir 2 jam gw urusin itu

    2 menit gw mikir kardus dan se isi2nya smartfren gw

    “ganglih” …. -_-”

  57. November 8, 2012 pukul 10:58 pm

    mantap boss, salam sukses

  58. 63 ilhammetall@yahoo.com
    Desember 3, 2012 pukul 9:01 pm

    gan klo hack kecepatan bisa gk

  59. 64 nando
    Desember 29, 2012 pukul 11:42 am

    gan napa di ane gx bisa ada bacaan since this conecttion is currently active,some settings will not take effect until the next time you dial it

  60. 65 meusjuliant
    Desember 29, 2012 pukul 10:08 pm

    gan, mau numpang tanya nih…
    baru saja modem ane sama adik di gunain buat praktek kodok loncat, bukan malah berhasil malah error nih…
    pertama kartu yangs aya gunakan adalah AX1S, lalu setelah program kodok loncat ane hapus itu network nya minta registrasi lagi jadi saya registrasikan lewat cara yang registry network…
    setelah jadi kemudian ane koneksikan bisa namun tak lama kemudian, sekitar 3 detik langsung DC…
    ane coba lagi dan coba lagi hasilnya tetap sama, nah itu kenapa?
    bs tolong pencerahannya??
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya..
    mohon dibalas^^

    kalau berkenan, balas melalui email ya gan…
    mw lewat sni juga tak apa^^

  61. 66 iqbal
    Januari 2, 2013 pukul 11:54 pm

    ngebantu banget bos, thanks yak

  62. Januari 17, 2013 pukul 9:23 pm

    NUHUN pisan kang aduhhhh ALHAMDULILLAH koneksi abi lancar ayna mahhhh :D
    KEREEEEEEEEEEEEEEEEEEEENNN IEU BLOG !

  63. 68 khid
    Maret 23, 2013 pukul 4:45 pm

    kalo gw kemaren ngatasinnya di Idle(dibiarkan,diclose semua progam yg bisa membuat statik modem jadi ndowload/upload) aja pas modem menunjukan menit 57 , tunggu sampai modem jadi 1 jam 5 menit …nah terus buka google . silakan mencoba

  64. 69 Ari
    Maret 24, 2013 pukul 9:53 am

    ane paling bingung gan kan pake blackberry modem nih
    nah setiap menit ke 55 pas ane lgi maen game online dc sendiri padahal di modem ga disconect itu kenapa yaa

  65. 70 wew bagus tips nya wkwkwkwkwkwkwk
    April 28, 2013 pukul 12:40 pm

    hehe bagus tips nya thank you all
    wkwkwkwwkwkwkw

  66. 71 fandhy
    Mei 9, 2013 pukul 4:34 pm

    punya aq malah aneh, bukan cuman lemot dan dc trus tapi kemaren malah modem nya ikut raib entah kemana… nasib.. nasibb..

  67. Mei 18, 2013 pukul 8:28 pm

    aduh gan, modem saya disconect mulu. saya tau kalau komentar disini pasti gak akan dibalas sama adminnya, mungkin adminnya udah gak aktif lagi kali ya..
    modem saya kalau browsing kadang disconect, tapi kalau upload malah tambah parah, gak bisa upload file sama sekali..

  68. Juli 26, 2013 pukul 11:49 pm

    sudah dicoba tapi tetep DC cara ngatasinya modem cabut lalu tancepin lagi….gituuuuuuuuuuuuuu teruussss, salam kenal ya….

  69. Agustus 28, 2013 pukul 1:13 pm

    ada yg mau tau gak trik internet gratis modem

  70. September 2, 2013 pukul 7:50 pm

    mau dong trik inet gratisss nya

  71. 77 miczelenergy
    November 7, 2013 pukul 10:04 am

    klo modemq klo DC harus restart laptop dl baru bs konek lg gmana pencerahanx,,,pakek modem smart

  72. Desember 10, 2013 pukul 1:55 am

    kalo simpati apa sama?

  73. Desember 30, 2013 pukul 11:53 pm

    kalo buat windows 8 gan?? tu kan settingan yang di wind 7 n XP , sedangkan kalo dwindows 8 kan beda, tau gak gan??

  74. 80 ontohod
    Januari 1, 2014 pukul 1:37 pm

    disconnect cuma saTu solusi CIDIAL. cari ndiri ama mbah…

  75. 81 cobier
    Maret 3, 2014 pukul 1:53 am

    syukurlah modemnya bs lancar sekarang..sy pikir harus ganti modem…soalnya dari kemarin sering DC terusss…terus posting mas bro..info yang bermanfaat..

  76. 82 GNNII
    Maret 10, 2014 pukul 8:25 pm

    gan battere laptop lo bocor ya ??

  77. Maret 19, 2014 pukul 9:09 am

    Makasih ya infonya. Sekedar informasi, saya pakai modem vodafone, saat pakai kartu Axis lancar jaya, tapi ketika diganti dengan XL, modem sering disconnect. Ada yang bisa menjelaskan ini kenapa?

    Untuk jawabannya, saya ucapkan terimakasih

  78. Maret 19, 2014 pukul 9:31 am

    Bisa jadi yang bikin disconnect pas pakai XL adalah “Signal strength: Poor”

  79. Maret 19, 2014 pukul 9:39 am

    Pas “Signal strength: Fair” internetan pakai XL lancar jaya :-)


Tinggalkan Balasan

Siapa sih yang punyak sarang?

Saya adalah Taufan Dwi Prayogo. Seorang mahasiswa tingkat akhir jurusan Ilmu Komputer Universitas Diponegoro, Semarang.

Yang nasipnya diujung tanduk karena udah hampir 4 taun tapi ndak lulus-lulus. Karena udah terkena sindrom mahasiswa tingkat akhir, yang salah pergaulan dan memiliki masa depan yang kurang meyakinkan. Bidang yang saya gauli juga ndak jelas, amburadul dan ndak karuan.

Blog ini sebenarnya memiliki tema tentang Teknologi Informasi, namun karena bidang saya yang ndak jelas. Blog ini jadi tidak bermutu memiliki tema lagi.

Insya allah semua posting di blog ini aseli saya yang mikir. Dan kalo situ mau ngopi silahkan aja. Tapi jangan lupa tolong cantumkan sumbernya.

Para pencari sarang

  • 128,040 jiwa

Status Yahoo

Kalender

Februari 2010
S S R K J S M
« Des    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Tools

smadav antivirus indonesia

Klik banner untuk tambah Page Rank blog anda
Increase your PageRank

Powered by  MyPagerank.Net

Yang sedang Online
page counter

IP

Locations of visitors to this page

dmoz.org

Halaman


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

