02
Apr
09

Mari Bicara Tentang Pemilu, Part lll (lagi…)

Yah kembali lagi ke topik pemilu, seperti dua topik sebelumnya yang sudah saya tulis ini dan ini. Saya ingin menuntaskan permasalahan yang muncul pada postingan ke 2. Nah dari situ munculah masalah dari beberapa komentar, tentang cara memilih untuk mahasiswa yang merantau (seperti saya). Timbul pertannyaan seperti “Dimana kamu akan memilih?” dan “bagaimana dengan mahasiswa yang ingin memilih tapi tidak berada ditempat asal dia terdaftar sebagai DPT ?” Apakah anda juga mengalaminya?

Nah kemarin waktu ke kampus, saya membaca pengumuman yang ditempel di samping kantin. Pengumuman ini berisi seruan dari BEM untuk tidak golput dan mengajak mahasiswa untuk memilih caleg yang bla.. bla.. bla.. cukup banyak deh kriteria yang hampir semua sifat sempurna disebutkan semua. Bahkan sangat mustahil untuk mencari caleg sempurna seperti itu, dengan banyak pilihan kembali rakyat yang di buat bingung.

Wokeh kembali ke topic pembicaraan. Jadi begini dipengumuman itu dijelaskan bahwa mahasiswa yang perantauan bisa memilih ditempat yang sekarang dengan catatan dia harus sudah terdaftar di DPT tempat asalnya. Sebenernya tidak hanya mahasiswa perantauan saja yang bisa, orang lain yang sedang melakukan dinas luar kota pun bisa. Asal mau mengurus Surat Pindah TPS atau yang biasa di sebut Formulir A5. Untuk pengurusan Formulir tersebut kita bisa minta bantuan keluarga atau teman ditempat kita terdaftar sebagai DPT.

Data mahasiswa yang terancam tidak ikut memberikan suara itu dihimpun dari laporan seluruh BEM di Indonesia, di antaranya 40 ribu mahasiswa Jakarta, 40 ribu mahasiswa Semarang, 20 ribu mahasiswa Yogyakarta, 40 ribu mahasiswa Sumatera, dan 20 ribu mahasiswa Bogor. Kemudian 15 ribu mahasiswa Bandung, dan 10 ribu mahasiswa Surabaya. Ditambah para mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah yang jumlahnya sekitar 10 ribu mahasiwa.

Padahal jaman pada Pemilu 2004, para pemilih cukup berdomisili enam bulan di suatu wilayah, kemudian membawa formulir A atau B ke mana saja, dan dipastikan dapat mencoblos karena surat suara disediakan di mana-mana.

Semoga informasi ini berguna dan dapat menekan aksi golput…

Link download formulir A5 :

http://www.4shared.com/file/96270199/7b51b8a5/SURAT_Pindah_TPS__A5_.html


9 Responses to “Mari Bicara Tentang Pemilu, Part lll (lagi…)”


  1. April 2, 2009 pukul 10:32 pm

    salam kenal buat yang rajin pantau pemilu…he..he..he..

  2. April 2, 2009 pukul 11:46 pm

    Golput itu pengikut partai putih ya?

  3. April 3, 2009 pukul 1:29 am

    aduh.. pusing dimana2 ada kampanye pemilu..

    dimana2 nulis pemilu..

    waduh.. aku masih bingung mau nyoblos yg mana.. (doh)

  4. April 3, 2009 pukul 11:09 am

    sekarang mencontreng kang… hehehe..

    aku mending pulang kampung saja, lawong dekat kok… heheheh.. *aslinya ya kangen emak*

  5. 5 Bet
    April 6, 2009 pukul 8:06 pm

    sekarang mencontreng bukaan nyobloss

    terus kalau bagi madhzhab GOPUT gimana apakah nyontreng juga


    TauFaN :
    Ndak tau ni….
    Saya males ngurus surat A5. Mending jadi penonton dulu deh…

  6. April 8, 2009 pukul 2:33 pm

    aku mau pulang kampung, besok ncontreng…

    TauFaN :
    Udah punyak pilihan situ emangnya?

  7. April 8, 2009 pukul 11:38 pm

    Golput ya gpp, itu perlu juga dihormati sebagai bentuk ketidakpuasan atas bentuk pelaksanaan pesta demokrasi yang dilakukan oleh para peserta pemilu di republik ini.

  8. April 11, 2009 pukul 3:54 pm

    Assalamu ‘alaikum mas, aku mau bertukar link ama mas, gimana mas?? salam kenal Dedhy Kasamuddin

    Wa`alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh, OK udah aku add. gantian ya…

  9. Mei 28, 2010 pukul 10:38 am

    wew…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. keren sekali


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Siapa sih yang punyak sarang?

Saya adalah Taufan Dwi Prayogo. Seorang mahasiswa tingkat akhir jurusan Ilmu Komputer Universitas Diponegoro, Semarang.

Yang nasipnya diujung tanduk karena udah hampir 4 taun tapi ndak lulus-lulus. Karena udah terkena sindrom mahasiswa tingkat akhir, yang salah pergaulan dan memiliki masa depan yang kurang meyakinkan. Bidang yang saya gauli juga ndak jelas, amburadul dan ndak karuan.

Blog ini sebenarnya memiliki tema tentang Teknologi Informasi, namun karena bidang saya yang ndak jelas. Blog ini jadi tidak bermutu memiliki tema lagi.

Insya allah semua posting di blog ini aseli saya yang mikir. Dan kalo situ mau ngopi silahkan aja. Tapi jangan lupa tolong cantumkan sumbernya.

Para pencari sarang

  • 172,260 jiwa

Status Yahoo

Kalender

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Tools

smadav antivirus indonesia

Klik banner untuk tambah Page Rank blog anda
Increase your PageRank

Powered by  MyPagerank.Net

Yang sedang Online
page counter

IP

Locations of visitors to this page

dmoz.org

Laman


%d blogger menyukai ini: